Soft Skill Enhancement and Training

August 12, 2007 by riyantoro

“… lulus kerja terus ngapain? Ya lamar kerjaan donk. Gak dapet-dapet nih gimana dunk!!”
Kata-kata seperti itu begitu sering kudengar akhir-akhir ini. Baik itu teman kampus, teman KKN, teman hanging-out, sampe anak-anak yang lagi ngobrol di kantin atau tempatku makan. Wah, pengangguran semakin merajalela!!! Gak boleh ikutan terjerumus nih kalau seperti ini caranya.

Masalahnya, untuk bisa menembus kerasnya persaingan untuk mencari lapangan pekerjaan itu tidaklah mudah. Tidak cukup hanya dengan mengandalkan IPK kita yang 4,00 (ada gak ya yang bisa dapet segitu? ckckck). Sekarang ini pengalaman kerja dan pengalaman berorganisasi sangat dilihat oleh para pejabat recruitment. Nah lo….

Tapi yang patut diinget adalah bahwa dalam berorganisasipun kita tidak boleh sembarangan. Dari tips yang penulis peroleh, kalo ikut suatu kepanitiaan ataupun organisasi jangan cuman jadi anggota aja alias cuman numpang nama. Percuma, kata sumber yang penulis dapatkan dan ini valid!! Kalo cuman jadi anggota walaupun seaktif apapun percuma, gak akan terlalu dinilai oleh pewawancara kita. Lebih baik kepanitiaan kecil misalnya aja panitia lomba Agustusan seperti yang sedang marak sekarang, namun kita jadi leader alias ketua pelaksana yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan.

Gimana, apakah Anda sudah merasa melakukannya? :P
Nah berikutnya kita juga harus berusaha membuat catatan apa saja yang kita lakukan untuk menghabiskan waktu luang kita. Dari sini sebenernya pewawancara ingin mengetahui apa sih yang kita lakukan untuk menghabiskan waktu luang kita? Silahkan instrospeksi diri dan pikirkan baik-baik apa yang biasa kita lakukan untuk menghabiskan waktu kita? Apakah merenung, ngelamun, ataukah malah molor? hehe silahkan dipikirkan..

Apa sih yang memotivasi kita untuk bekerja? Huufff, ini pertanyaan yang terlupakan olehku kemaren :(
Berkisar tentang kepemimpinan, kita harus memiliki riwayat kepemimpinan sehingga pewawancara bisa mengerti bahwa kita suatu saat bisa menjadi pemimpin perusahaan yang kita lamar.. Jangan cuman jadi anggota melulu kalau ikutan kepanitiaan dan organisasi mubazir man..

Well, buat yang masih bisa berkembang silahkan mengembangkan karir berorganisasi sebelum terlambat. Daripada cuman keluyuran gak jelas, kongkow-kongkow, maen PS, maen game online seharian yang ndak ada guna mendingan mimpin organisasi dan belajar meng-handle orang mulai dari skala kecil hingga skala gede. Hiburan perlu tapi jangan habiskan waktu hanya untuk menghibur dirimu. Hidup cuman sekali man..

Regards,

Riyantoro


 

 

Google
 

HOME :: BIMBINGAN TUGAS AKHIR :: ARTIKEL TEKNOLOGI :: ARTIKEL LAINNYA :: LINK PENTING :: BUKU TAMU

Copyright © 2008 Sinau Online. Email :alifahnuha@gmail.com